Lubrikan dan Sabun Mandi Bisa Sebabkan Infeksi Vagina

Vagina adalah organ intim wanita yang paling rumit dan sulit dijangkau. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap upaya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan Vagina. Beberapa wanita seringkali tidak berpikir panjang untuk membeli sabun pembersih vagina, padahal kekeliruan dalam memilih produk untuk organ vagina ini menyebabkan masalah baru yaitu infeksi Bacterial Vaginosis atau infeksi vagina.

Banyak wanita yang terbiasa membersihkan Vagina dengan sabun mandi biasa, namun ternyata mereka menemukan masalah yaitu munculnya bau tidak sedap dari Vagina. Ini disebabkan karena penggunaan sabun yang tidak sesuai dengan pH dalam Vagina dan justru merusak kadar kesamanan dalam Vagina, mengganggu keseimbangan bakteri baik dan buruk dalam ekosistem vagina sehingga diberangusnya satu jenis bakteri menyebabkan bakteri lainnya mendominasi dan menimbulkan bau tidak sedap. Yang jelas, produk seperti sabun mandi, shower gel, dan sabun pembersih yang mengandung parfum beresiko tinggi menimbulkan infeksi Vagina.

Tidak hanya karena penggunaan sabun yang salah, ternyata penggunaan cairan lubrikan yang salah pada saat berhubungan seks juga bisa menimbulkan infeksi Vagina. Sebagaimana hasil penelitian di California University menyebutkan bahwa wanita yang terbiasa memakai lubrikan hingga bagian terdalam Vagina saat berhubungan seks beresiko terkena bacterial vaginosis, yaitu terganggunya sistem keseimbangan bakteri dalam Vagina sehingga seringkali tercium bau tidak sedap pada Vagina.

Oleh karena itu, dalam membersihkan Vagina, jangan gunakan sabun mandi biasa atau sabun dengan parfum dan pewangi karena bisa menimbulkan bacterial vaginosis. Begitu juga dengan penggunaan lubrikan berlebihan saat melakukan hubungan seks, jangan gunakan lubrikan hingga ke bagian terdalam Vagina, cukup oleskan di luar dan beberapa bagian di lubang Vagina bagian atas saja.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*